no comments

Meluruskan Rambut dengan Teknik Smoothing

Meluruskan Rambut dengan Teknik Smoothing

Lintasjari.com – Smoothing merupakan suatu teknik meluruskan rambut tanpa memakai alat. Kelebihan dari teknik ini adalah prosesnya paling cepat, hemat waktu dan praktis serta rambut lebih sehat.
Namun demikian kekurangan/kelemahan dari teknik ini adalah keahlian tangan dan pengalaman sangat diperlukan, jika kurang teliti lurusnya rambut kurang merata dan hasil masih mengembang.

Meluruskan Rambut dengan Teknik Smoothing- Adapun proses kerja dari teknik smoothing adalah sebagai berikut :

  1. Persiapkan area kerja, peralatan, lenan dan bahan kosmetika yang diperlukan, jangan lupa mensterilkan semua peralatan dan lenan yang akan dipakai.
  2. Tamu/pelanggan ditempatkan pada tempat yang telah disediakan. Lalu lakukan pendekatan/konsultasi untuk mengetahui keinginan model. Dan analisa kondisi kulit kepala serta rambut. Setelah itu dapat dilakukan mencuci rambut.
  3. Mencuci rambut. Rambut dicuci hingga bersih tanpa conditioner, kemudian rambut dikeringkan dengan tingkat kekeringan kurang lebih 70%.
  4. Melakukan pelurusan. Pilih obat pelurus sesuai dengan jenis rambut dan teknik pelurusan yang akan digunakan. Pakaikan obat pelurus pada rambut selapis demi selapis sesuai petunjuk penggunaan produk dan teknik yang tepat (sambil menekan rambut dengan cara menjepitkan rambut disela jari dan ditarik ke bawah). Tunggu lebih kurang 5 menit baru rambut dibilas dengan air hangat hingga bersih dan dikeringkan dengan tingkat kekeringan kurang lebih 70%. Selanjutnya berikan rnetralize pada rambut dengan teknik yang tepat dan memenuhi keamanan pelanggan, ingat jangan sampai mengenai mata. Seterusnya rambut dibilas sampai bersih dari netralizer dan beri conditioner pada seluruh batang rambut, lalu tunggu beberapa saat dan bilas sampai bersih. Selanjutnya keringkan rambut sesuai teknik pelurusan yang digunakan.
  5. Berikan saran pada model untuk perawatan selanjutnya dan jangan lupa menawarkan produk yang sebaiknya dipakai serta pelayanan yang dapat dilakukan selanjutnya.
  6. Setelah itu bersihkan area kerja serta semua peralatan. Susun dan rapikan bahan kosmetika serta simpan kembali.

Baca Juga:

Sumber Rujukan:
Rostamailis, dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut Jilid 3 untuk SMK. Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

[image:id.she.yahoo.com]

Loading...

Reply