no comments

Metode Pengumpulan Data Penelitian

Metode Pengumpulan Data PenelitianMetode Pengumpulan Data Penelitian | Secara umum penelitian itu dibedakan menjadi dua macam yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Dalam suatu penelitian baik itu kualitatif maupun kuantitatif, data penelitian harus diperoleh dan dicari. Oleh karena itu dibutukan suatu cara yang tepat agar data yang dibutuhkan dalam penelitian atau yang sering disebut Metode Pengumpulan Data. Metode pengumpulan data adalah suatu cara yang digunakan peneliti untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam suatu penelitian. Penggunaan Metode Pengumpulan Data yang tepat maka akan diperoleh pula data yang benar-benar akurat. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas arti dan macam-macam teknik atau metode pengumpulan data.

Metode Pengumpulan Data menurut Sugiyono (2011:193-330).
Dilihat dari segi cara atau teknik pengumpulan data, maka teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan wawancara, angket, observasi, dokumentasi, dan triangulasi.
Wawancara digunakan sebagai teknik pengumpulan data apabila peneliti ingin melakukan studi pendahuluan untuk menemukan permasalahan yang harus diteliti, dan juga apabila peneliti ingin mengetahui hal-hal dari responden yang lebih mendalam dan jumlah respondennya sedikit. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dapat dilakukan secara terstruktur maupun tidak terstruktur dan dapat dilakukan melalui tatap muka maupun dengan menggunakan telepon.
Angket atau kuesioner adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk di jawab. Anget cocok digunakan untuk responden dalam jumlah besar.
Teknik pengumpulan data dengan observasi digunakan bila, penelitian berkenaan dengan perilaku manusia, proses kerja, gejala-gejala alam dan bila responden yang diamati tidak berlalu besar atau banyak.
Dokumentasi merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumen bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya menumental dari seseorang.
Triangulasi adalah teknik pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada.

Metode Pengumpulan Data menurut Kusumah (2011:64)
Adapun beberapa alat penelitian yang dapat dipakai untuk membantu indera manusia dalam peneltian, yaitu:

  1. Pengamatan atau observasi 
  2. Interview atau wawancara
  3.  Kuesioner atau angket 
  4. Tes
  5. Journal siswa
  6. Tugas
  7. Pekerjaan siswa
  8. Audio taping or video taping
  9. Catatan tingkah laku siswa
  10. Attitude scales 
  11. Dokumentasi 
Sekian artikel dengan judul Metode Pengumpulan Data Penelitian semoga dapat bermanfaat.
Sumber rujukan : Kusumah Wijaya dan Dwitagama Dedi. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks | Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Img : kirtam
Loading...

Reply