no comments

Minum Kopi Sebelum Olahraga Bantu Bakar Kalori Lebih Banyak

Minum Kopi Sebelum Olahraga Bantu Bakar Kalori Lebih Banyak

Jakarta – Sejumlah pakar diet dan olahraga menyatakan kalau kopi baik diminum sebelum berolahraga karena bisa membantu membakar lemak lebih banyak. Pendapat tersebut juga diperkuat oleh hasil studi terbaru yang menunjukkan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi cukup berkontribusi dalam memaksimalkan manfaat olahraga.

Studi yang dilakukan di Spanyol dan telah dipublikasikan dalam Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism menemukan bahwa atlet yang mengonsumsi kafein sebelum berolahraga, kalorinya terbakar 15 persen lebih banyak setelah tiga jam beraktivitas fisik. Bagaimana secangkir kopi sebelum fitnes atau olahraga bisa bermanfaat lebih baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh? Ini empat alasannya yang dipaparkan pakar diet Cynthia Sass, seperti dikutip dari CNN.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Sebuah penelitian di Jepang menganalisa efek kopi terhadap sirkulasi darah pada orang yang bukan peminum kopi secara rutin. Setiap partisipan diminta meminum kopi, dengan takaran 5 ons per cangkir. Kopi yang diminum ada dua jenis, regular dan decaffeinated atau kopi decaf (kopi yang kandungan kopinya telah dikurangi). Kemudian para peneliti memeriksa peredaran darah para responden melalui jari tangan, untuk memastikan seberapa baik pembuluh darah bekerja.

Hasilnya, responden yang meminum kopi jenis reguler mengalami peningkatan peredaran darah sebanyak 30 persen selama 75 menit. Peningkatannya lebih banyak dibandingkan yang meminum kopi decaf. Sirkulasi darah yang lancar akan meningkatkan asupan oksigen pada tubuh sehingga saat berolahraga, Anda pun bisa bernapas lebih baik dan kinerja otot meningkat.

2. Mengurangi Sakit Otot
Banyak pelaku fitnes dan olahraga yang merasa otot serta tubuhnya nyeri setelah latihan yang intensitasnya berat. Nyeri pada otot pasca olahraga ternyata bisa dikurangi dengan minum kopi. Para peneliti di University of Illinois menemukan bahwa konsumsi kafein yang setara dengan 2-3 cangkir kopi, satu jam sebelum latihan intensitas tinggi selama 30 menit, bisa mengurangi sakit otot. Kafein membantu Anda lebih bersemangat saat latihan sehingga meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot. Hasilnya, otot jadi lebih terbiasa dengan gerakan yang intens sehingga kontraksinya lebih stabil.

3. Ingatan Lebih Baik
Studi dari John Hopkins University menemukan bahwa kafein bisa meningkatkan daya ingat selama 24 jam setelah dikonsumsi. Dampak positif dari minum kopi ini bisa dimanfaatkan juga dalam berolahraga. Peningkatan daya ingat penting untuk melakukan olahraga yang sifatnya repetitif dan memerlukan memori yang kuat seperti aerobik, zumba atau yoga.

4. Bahan Bakar Bagi Otot
Tak hanya sebelum olahraga, meminum sedikit kopi setelah latihan fisik juga bisa menambah manfaat. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology mengungkapkan, konsumsi sedikit kafein pasca olahraga bisa mempertahankan stamina pada atlet yang akan bertanding berhari-hari secara berturut-turut. Dibandingkan dengan hanya mengonsumsi karbohidrat, kombinasi antara kafein dengan karbohidrat terbukti bisa meningkatkan glikogen (tempat penyimpanan glukosa yang menyediakan cadangan energi) pada otot hingga 66 persen. Tubuh bisa tetap kuat selama berjam-jam setelah latihan.

Jadi jika ingin stamina dan performa olahraga Anda lebih baik, disarankan untuk meminum kopi sebelum latihan. Namun perlu diingat, jangan sampai Anda mengonsumsinya berlebihan karena efeknya justru bisa sebaliknya. Konsumsi kafein yang dianjurkan maksimal 6 mg per kg berat tubuh. Jika dirata-rata, sekitar 400 mg per hari (sekitar dua cangkir kopi) untuk wanita dengan berat 68 kg. Jika beratnya kurang dari itu, maka konsumsi kopi juga perlu dikurangi. Kopi yang diminum juga sebaiknya kopi hitam tanpa, atau sedikit tambahan gula.

Usahakan konsumsi kafein Anda konsisten. Penelitian menunjukkan, asupan kafein yang stabil akan memudahkan tubuh untuk beradaptasi. Hal ini bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Jadi misalkan Anda minum dua cangkir kopi hari ini, maka besok juga harus dua cangkir. Jangan ditambah menjadi tiga atau empat cangkir. Selain itu, tetap minum banyak air putih agar tubuh terhidrasi dengan baik. Hindari minuman energi atau minuman stamina karena akan membuat Anda mengasup kafein berlebihan.

Sumber: wolipop.com

Loading...

Reply