no comments

Pelajar Indonesia Juara Umum Kejuaraan Catur Dunia

Tim catur pelajar Indonesia berhasil meraih gelar juara umum dalam kejuaraan catur dunia di Brasil. Tim catur pelajar Indonesia yang terdiri dari 12 pelajar tersebut menjadi juara umum dalam World Schools Chess Championships 2014 di Juiz de Fora, Brasil, yang berlangsung pada 26 November – 4 Desember 2014.

Pelajar Indonesia Juara Umum Kejuaraan Catur Dunia

Dalam kejuaraan dunia catur itu, Indonesia berhasil menyabet empat medali emas, tiga medali perak dan satu perunggu. Medali emas itu masing-masing diraih oleh Novendra Priasmoro di kelompok putra open U-15, Medina Warda Aulia kelompok putri U-17, Afifa Ayyun Faruq di kelompok putri U-15 dan Paulina Theodora Walukow di kelompok putri U-11.

Sebagian besar peserta dalam tim catur pelajar Indonesia terdiri dari para juara dan hasil seleksi dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2014. Pembinaan terhadap mereka dilakukan sejak dini, yaitu sejak ajang O2SN 2014, kemudian dilakukan pembinaan secara intensif setelah penyelenggaraan O2SN 2014.

Kejuaraan Catur Pelajar Dunia ke-10 ini diikuti 27 negara. Tahun ini adalah tahun ke-7 Indonesia mengirimkan timnya. Kejuaraan dunia antarpelajar ini dilakukan sebagai kerja sama antara Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud bersama Pengurus Besar Persatuan Catur Indonesia (Percasi). Tim catur pelajar Indonesia telah kembali ke tanah air pada Sabtu sore, (06/12/2014). (Desliana Maulipaksi)

Sumber: kemendiknas.go.id

Reply