no comments

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan– Istilah pertumbuhan dan perkembangan, meskipun saling melengkapi, sebenarnya mempunyai arti dan makana yang berlainan. Pertumbuhan mengandung arti adanya perubahan dalam ukuran atau fungsi-fungsi mental, sedangkan perkembangan mengandung makna pemunculan hal yang baru. Pada peristiwa pertumbuhan akan tampak adanya penambahan jumlah atau ukurandari hal-hal yang yang telah ada, sedangkan dalam peristiwa perkembangan akan tampak adanya sifat-sifat yang baru, yang berbeda dari yang sebelumnya.

pertumbuhan dan perkembangan

Gambar :e-medis.blogspot.com

Dalam peristiwa pertumbuhan, hanya menumbuhkan apa yang telah ada dan lebih banyak bergantung pada faktor luar. Apakah pohon mangga kecil dapat menjadi pohon mangga besar, itu tergantung pada air, tanah, iklim dan lain-lain tempat pohon tersebut tumbuh. Sedangkan pada peristiwa perkembangan telah ada suatu potensi yang menentukan arah perkembangannya kelak. Biji mangga, bagaimanapun tidak akan menumbuhkan pohon jambu. Dengan demikian, yang diperlukan dalam perkembangan adalah waktu dan perawatan agar potensi-potensi yang telah ada terealisasi.

Meskipun demikian, antara kedua peristiwa, yaitu pertumbuhan dan perkembangan, harus ada keseimbanganyang sehat. Kalau tidak, akan menimbulkan ketidaknormalan atau penyimpangan-penyimpangan.

Dalam proses perkembangan rohani terjadi perubahan yang terus menerus, tetapi perkembangan itu tetap merupakan satu kesatuan. Di antara masa-masa perkembangan adalah masa bayi, masa kanak-kanak, masa sekolah, masa remaja (Pubertas dan adolesen), dan masa dewasa. Suatu hal yang menggembirakan adalah adanya ahli psikologi yang mengemukakan tentang masa sebelum lahir. Hal ini sangat bermanfaat walaupun pokok bahasannya masih terbatas pada bidang kesehatan dan pendidikan, berguna untuk mengarahkan perkembangan pada masa bayi mendatang.

Demikian semoga artikel yang berjudul ”┬áPengertian Pertumbuhan dan Perkembangan” dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca semua.

Sumber rujukan:
Dra. Sri Hartini, SH.,M.Pd, Drs. Suwarno, SH.,M.Pd dan Drs. Saring Marsudi, M.Pd. 2008. Psikkologi Pendidikan. Surakarta: BP-FKIP UMS

Loading...