no comments

Pengobatan Alami Untuk sakit Tenggorokan

Pengobatan Alami Untuk sakit Tenggorokan

Biasanya, ada banyak jenis penyakit yang menyerang saat musim hujan dan salah satu jenis penyakit yang menyerang itu adalah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan menimbulkan sensasi panas dan kesulitan menelan.

Sakit tenggorokan yang biasanya disebabkan virus dan bakteri terkadang memang bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun, pada beberapa kasus, sakit tenggorokan sebenarnya bisa disembuhkan dengan obat yang aman, murah, dan tanpa efek samping yakni bahan-bahan yang ada di alam indonesia.

Suhu dingin dan kelembaban tinggi saat musim hujan membuat aneka mikroorganisme berkembang dengan cepat. Mikroorganisme inilah yang menginfeksi orang di sekitarnya. Bila daya tahan tubuh sedang menurun, bisa dipastikan serangan virus dan bakteri akan menyebabkan sakit.

Namun, jangan khawatir, sakit tenggorokan bisa diatasi dengan pengobatan alami. Berikut adalah cara-cara alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Air Garam

Cara yang cukup kuno ini mungkin sudah sering Anda dengar. Cobalah dengan mencampurkan 1/4 sdt garam di dalam segelas air. Gunakan air hangat dan jangan gunakan air dingin karena kurang efektif. Kumur-kumur dan jangan ditelan. Berkumurlah dengan menengadahkan kepala dan arahkan air di kerongkongan lalu biarkan mulut terbuka, mulailah mencoba gargling (berkumur). Berkumur merupakan salah satu cara yang sederhana dan efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi sakit tenggorokan.

Lemon dan Air

Campurkan 1 sendok teh jus lemon di dalam 1 gelas air untuk dikumur. Campuran ini dapat membantu mengempiskan jaringan tenggorokan yang membengkak dan memberikan lingkungan asam bagi virus dan bakteri. Akan lebih terasa lebih nyaman jika Anda menikmatinya dalam air yang bersuhu hangat.

Jika Anda hendak menggunakan gula, pastikan dalam jumlah yang wajar agar tidak berlebihan. Meskipun penggunaan gula sebaiknya tidak perlu dalam hal ini.

Jahe, Madu, Lemon dan Air

Anda bisa juga membuat campuran dari 1 sendok teh bubuk, madu, 1/2 gelas air dan 1/2 gelas jus lemon untuk kemudian dikumur. Madu dapat melindungi tenggorokan dan memiliki efek antibakteri yang ringan. Jika Anda nyaman dengan rasanya, Anda dapat menggunakan campuran ini sebagai minuman hangat. Karena kombinasi jahe dan madu merupakan racikan yang tepat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Teh Hijau

Teh hijau telah lama dikenal secara alami untuk membunuh kuman dan mengatasi infeksi. Gunakan teh hijau hangat untuk berkumur yang dapat bertujuan untuk membunuh bakteri dan kuman di dalam tenggorokan.

Selain untuk berkumur, Anda dapat juga menjadikan teh hijau sebagai minuman. Karena teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti anti-jamur, anti-bakteri dan lainnya.

Kenali Sakit Tenggorokan Anda

Pada sebagian kasus, sakit tenggorokan merupakan pertanda Anda sedang mengalami infeksi virus di daerah pernapasan. Bisa jadi karena pembengkakan tonsil yang merespons akibat infeksi virus influenza tersebut, atau lainnya.

Untuk mengenali sakit tenggorokan Anda adalah indikasi infeksi flu atau bukan adalah dengan mencermati gejala influenza lainnya, seperti apakah ada meriang, demam, pusing, sekresi berlebihan (cairan hidung berlebihan, ingus meler).

Untuk kondisi sakit tenggorokan yang menjadi gejala sakit flu, kuncinya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu solusi alami yang terbaik adalah cukup cairan, cukup nutrisi dan istirahat atau tidur. Namun jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter Anda.

Sumber:doktergaul.com

Loading...

Reply