no comments

Penjelasan Prosedur Umum Tes CPNS Sistem CAT

Penjelasan Prosedur Umum Tes CPNS Sistem CAT. Setelah mendapatkan urutan nomor tempat duduk di ruangan sesaat sebelum pelaksanaan tes CPNS yang diikuti seperti yang dituliskan sebelumnya disini maka kami berikan lanjutan infonya kali ini mengenai Penjelasan Prosedur Umum Tes CPNS Sistem CAT yang merupakan poin penting yang harus diperhatikan agar pelaksanan tes CAT CPNS yang diikuti berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diinginkan.

Penjelasan Prosedur Umum Tes CPNS Sistem CAT
Gambar: Ilustrasi

Setelah semua peserta diminta duduk di tempat duduk sesuai dengan nomor urut yang diberikan maka saat itu semua peserta dihadapkan pada satu komputer aktif lengkap dengan program soal CAT CPNS yang telah dibuka dan siap dioperasikan namun untuk beberapa menit panitia meminta perhatian semua peserta untuk memperhatikan cara menggunakan dan petunjuk pengerjaannya.

Proses diawali dengan memasukkan data diri sesuai dengan nomor kartu tanda peserta untuk login ke program CAT yang berisi soal CPNS yang harus dikerjakan, selanjutnya penjelasan lebih ditujukan kepada pembagian kelompok soal ujian yang terdiri dari 3 bagian yakni soal wawasan kebangsaan, soal pengetahuan umum dan soal karakteristik pribadi.

Selanjutnya prosedur umum yang dilakukan oleh masing-masing peserta adalah dengan menjawab soal satu persatu dengan cara baca soal lalu klik pada jawaban yang dipilih selanjut klik next untuk lihat soal selanjutnya dengan pengerjaan yang sama.

Jika belum ingin menjawab soal yang ada maka bisa melewatinya kemudian pada akhir pengerjaan mengulangi dengan membuka kembali soal tes untuk dipilih jawaban yang dirasa tepat kemudian untuk mengakhiri apabila semua soal telah dijawab ada tombol selesai.

Setelah tombol selesai ditekan itu berarti mengakhiri tes dengan permintaan konfirmasi untuk yakin menyelesaikan tes dan jika ya maka beberapa kemudian hasil nilai berdasarkan 3 bagian soal CPNS yang dijelaskan diatas diketahui.

Saat waktu pengerjaan selesai maka secara otomatis program akan tertutup dan nilai yang dihitung hanya yang dikerjakan saja bagi peserta yang belum menyelesaikan tes ujian, beberapa saat kemudian panitia akan melakukan print out hasil tes semua peserta diurutkan berdasarkan jumlah nilai terbesar dan menempelkannya di papan pengumuman.

Perhatikan hasil perolehan nilai sobat dengan seksama dan lihat hasil dari pesaing di rangking teratas, perlu diketahui yang mendapatkan ranking tertinggi belum tentu lulus CPNS melainkan kelulusan didasarkan pada passing grade dari 3 bagian tes soal yang diujikan bukan rata-rata nilai ataupun jumlah nilai yang besar.

Sedangkan yang sudah masuk batasan ambang batas nilai (passing grade) jangan terlalu bangga dulu sebab kelulusan resmi baru akan diumumkan pada jadwal yang ditentukan dan semua yang lulus dalam satu jurusan akan diurutkan berdasarkan ranking tertinggi untuk menentukan siapa saja yang resmi lulus dalam tes CPNS.

Sumber: cpnsguru.com

Reply