no comments

Penyebab Berat Badan Ideal Sulit untuk Dipertahankan

Penyebab Berat Badan Ideal Sulit untuk Dipertahankan

Menurunkan berat badan. Banyak dari Anda yang telah berhasil mencapainya dan tidak sedikit pula dari Anda yang gagal saat berusaha. Saat Anda sukses menurunkan berat badan, tantangan selanjutnya adalah menjaga berat badan tetap ideal.

Sama halnya saat Anda berusaha menurunkan berat badan, menjaga berat badan juga bukan hal mudah untuk dilakukan. Beberapa alasan seringkali menjadi penyebab mengapa Anda tidak bertahan lama dengan berat badan ideal Anda.

Berikut 5 alasan mengapa berat badan ideal sulit untuk dipertahankan.
Tubuh Terprogram untuk Merasakan Lapar
Secara alami tubuh Anda terprogram untuk merasakan lapar. Salah satu tanda bahwa tubuh kekurangan energi adalah lapar. Ketika lapar, satu-satunya hal yang terlintas dalam benak Anda adalah makan dalam porsi besar. Hal inilah yang dapat memicu kelebihan kalori dalam tubuh, yang berujung pada bertambahnya berat badan. Solusinya, saat lapar datang, makanlah dalam porsi kecil dengan menu yang terdiri dari karbohidrat kompleks dan protein. Di samping sehat, makanan ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Berat Badan Pengaruhi Metabolisme
Dengan berkurangnya berat badan, berarti berkurang pula kebutuhan kalori tubuh untuk menjaga berat badan. Intinya, berat badan yang sedikit berarti membutuhkan energi yang sedikit pula untuk menjaga sel-sel dan jaringan untuk tetap hidup. So, sesuaikan kebutuhan kalori tubuh Anda karena setiap klasifikasi gender, usia dan berat badan memiliki kebutuhan kalori berbeda.

Tubuh Mulai Terbiasa dengan Latihan
Saat Anda melakukan gerakan tertentu pada waktu latihan, secara alami tubuh Anda akan mempelajari latihan tersebut dan menjadi terbiasa. Inilah mengapa Anda harus meningkatkan beban dan intensitas latihan jika ingin meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Meningkatkan beban dan intensitas latihan juga berfungsi untuk membantu pembakaran lemak lebih banyak dan membantu pertumbuhan otot lebih optimal.

Terlalu Banyak Mengurangi Kalori
Perlu Anda ketahui jika tubuh Anda tetap membutuhkan asupan kalori sebagai sumber energi. Apabila jumlah kalori yang dikonsumsi lebih kecil dari kalori yang digunakan, berat badan akan berkurang karena cadangan energi dari lemak akan digunakan.

Sebaliknya, apabila jumlah kalori yang masuk lebih besar dari kalori yang digunakan, berat badan akan meningkat. Pilihan terbaik adalah mengonsumsi kalori sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan tidak kurang dan tidak lebih. Mengonsumsi kalori sesuai kebutuhan merupakan cara bijak untuk membuat tubuh Anda lebih sehat dan menjaga berat badan tetap ideal.

Sering Makan di Luar
Tidak jarang pula teman-teman Anda mengajak untuk makan di luar untuk acara tertentu atau hanya sekedar mengisi waktu luang. Saat makan di luar pasti ada kecenderungan untuk mengonsumsi makanan tak sehat, misalnya makanan cepat saji. Jenis makanan ini mengandung banyak sekali gula tambahan, lemak, dan zat aditif lainnya yang dapat merugikan kesehatan. Selain itu, jika dikonsumsi secara rutin, makanan cepat saji dapat memicu obesitas dan penyakit kronis seperti serangan jantung dan diabetes.

Menjaga berat badan membutuhkan usaha yang sama kerasnya dengan saat Anda menurunkannya. Disiplin dalam menjaga pola hidup sehat merupakan cara yang efektif untuk menjaga berat badan. Dengan berat badan ideal, Anda pun dapat hidup lebih sehat.

Demikian artikel mengenai Penyebab Berat Badan Ideal Sulit untuk Dipertahankan semoga dapat bermanfaat. Terimakasih

[sumber:http://www.vemale.com/body-and-mind/segar-dan-rileks/29781-ini-sebabnya-berat-badan-ideal-sulit-dipertahankan.html]
[gambar:kluic.blogspot.com]

Baca juga:
#Cara menghitung berat badan ideal

Loading...

Reply