no comments

Penyebab dan Cara Mengobati Batuk secara herbal

Penyebab dan Cara Mengobati Batuk secara herbal

Mendengar kata “Batuk”, sudah tentu banyak orang, terutama orang kesehatan menyatakannya sebagai suatu gejala normal mekanisme tubuh di saluran pernapasan untuk membersihkan dari benda-benda asing yang mungkin berbahaya. Disebut mekanisme pertahanan karena ketika batuk, rambut getar dalam tenggorokan akan mengeluarkan benda-benda tersebut seperti debu, lendir, makanan, dan sebagainya.

Batuk yang mengganggu aktivitas dan kesehatan tubuh seseorang umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pemapasan bagian atas yang merupakan gejala flu dan pilek atau infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA). Selain itu, ada beberapa penyebab yang membuat seseorang menjadi batuk.

Antara lain alergi, asma dan tuberculosis, sinusitis, benda asing yang masuk ke dalam saluran napas (misalnya debu, asap, cair, dan makanan), infeksi paru-paru seperti pneumonia dan bronkitis akut serta penyakit-penyakit kerusakan paru-paru seperti emphysema dan bronkitis kronis.

Produksi dahak yang berlebihan karena infeksi saluran pemapasan, tersedak akibat minum susu, menghirup asap rokok dari orang sekitar, terkena polusi udara, dan batuk psikogenik juga menjadi penyebab batuk. Batuk psikogenik banyak diakibatkan karena masalah emosi dan psikologis. Misalkan frustasi, mudah marah, sering kunjungan ke dokter, dan gangguan tidur.

Batuk tidak sederhana sebagaimana yang disangka banyak orang. Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang terserang batuk baik berjangka pendek sampai berkepanjangan yang kalau tak segera dibereskan akan bertambah parah dan sangat mengganggu aktifitas, yakni sebagai berikut:

Terjadinya tetesan di belakang hidung

Produksi dahak secara berlebihan bisa terjadi pada beberapa alergi dan sinusitis (lapisan mukus yang meradang di dalam sinus). Mukus yang menetes dari belakang hidung ke tenggorokan akan mengakibatkan iritasi dan biasanya bisa mendatangkan batuk.

Pilek dan influenza

Terserang pilek dan influenza juga merupakan penyebab yang paling umum terjadinya batuk.

Asma

Penyakit batuk yang masih baru bisa disebabkan oleh asma ringan (terjadinya peradangan atau penyempitan pada saluran nafas). Makanya, bagi Anda atau keluarga yang ingin terhindar dari serangan asma, berusahalah semaksimal mungkin menghindarkan diri dari iritan yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan, termasuk batuk.

Lingkungan

Kondisi lingkungan seperti asap, debu, asap rokok, udara yang dingin sampai semprotan aerosol bisa menjadi penyebab batuk.

Obat-obatan

Mungkin Anda belum tahu bahwa batuk bisa jadi adalah efek samping dari obat-obatan yang dihirup misalnya kortikostreoid. Batuk juga bisa terjadi karena pemakaian betablocker dan penghambat angiotensin converting enzyme (ACE) yang biasanya diresepkan untuk penyakit jantung.

Gastroesophagael reflux

Keadaan batuk yang semakin buruk ketika Anda berbaring bisa disebabkan oleh mengalirnya asam lambung ke dalam esophagus. Gatroeshopagael reflux juga bisa menjadikan batuk akibat asma semakin parah.

Dalam batuk ada yang disebut dengan batuk berdahak dan batuk tidak berdahak. Batuk berdahak tentu saja sangat mengganggu aktifitas keseharian Anda yang padat dan memiliki mobilitas yang tinggi.

Pengobatan Batuk Secara Herbal

Penyembuhan batuk berdahak harus segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah dan agar Anda bisa menjalani keseharian sebagaimana mestinya.

Batuk berdahak ternyata tak hanya bisa diobati dengan obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik namun bisa juga diobati dengan bahan-bahan tradisional.

Sebelum menjelaskan mengenai bahan-bahan alami apa saja yang sangat mujarab untuk mengobati batuk , ada beberapa tips yang mesti dilakukan ketika Anda sedang mengalami batuk berdahak antara lain sebagai berikut:

  1. Menjauhi tempat yang mengandung debu dan juga tempat yang dingin. Kedua hal tersebut dikenal sebagai penyebab batuk.
  2. Jaga tubuh Anda supaya tetap hangat, bisa dengan mengunakan selimut atau jaket.
  3. Kalau mandi jangan lupa untuk menggunakan air hangat.
  4. Menghentikan kebiasaan buruk yang bisa memperparah sakit batuk berdahak Anda seperti merokok atau minum alkohol.
  5. Mengalokasikan waktu untuk beristirahat secara teratur dan jangan terlalu berlebihan menggunakan tenaga untuk bekerja.
  6. Memperbanyak minum air putih kurang lebih antara 7-8 gelas per harinya. Minum air putih bisa membantu mengencerkan dahak.

Berikut merupakan bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak Anda.

Jahe

Sebagaimana diketahui bahwa Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik. Jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan mengobati batuk berdahak. Anda yang sedang mengalami batuk berdahak sangat dianjurkan untuk meminum sari Jahe hangat minimal sehari sekali. Cara pembuatannya pun sangat mudah yakni dengan mengiris Jahe dan Kencur, kemudian direbus dan diambil air perasannya. Air perasannya itulah yang diminum.

Jeruk nipis

Sudah banyak orang yang merasakan bahwa Jeruk Nipis yang dicampurkan dengan kecap mujarab untuk mengobati batuk berdahak. Kalau Anda tidak suka kecap, bisa mencampurkan Jeruk Nipis dengan Madu. Minumlah air perasan Jeruk Nipis dengan kecap atau Madu sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Daun Sirih

Daun Sirih juga bisa dijadikan obat untuk batuk berdahak. Caranya dengan merebus daun Sirih secukupnya dan campurkan juga potongan Jahe. Kemudian air rebusannya diminum sebanyak minimal sekali dalam sehari supaya tubuh tetap hangat dan sehat.

Itulah beberapa bahan-bahan alami yang ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati batuk berdahak. Banyak keuntungan menggunakan bahan-bahan alami tersebut karena memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Bahan-bahan alami terbebas dari efek samping apapun sehingga bisa digunakan secara berkelanjutan.

[sumber artikel dan foto/gambar:http://sergiedanselby.blogspot.com/2013/08/penyebab-dan-cara-mengobati-batuk.html]

Reply