no comments

Penyebab dan Gejala Penyakit Maag

Penyebab dan Gejala Penyakit Maag

Penyakit maag adalah rasa sakit pada lambung yang menunjukkan adanya nekrosis atau kematian jaringan sel. Gangguan ini biasanya terjadi karena ketidakseimbangan zat dalam perut, terlalu banyak jumlah asam lambung atau yang sering disebut dengan pepsin, juga terlalu sedikit jumlah lendir yang melindungi pencernaan menjadi pemicu terjadinya rasa sakit pada perut.

Meskipun memang bukan termasuk dalam jenis penyakit mematikan seperti stroke, jantung, liver, kanker dan lain sebagainya, namun penyakit ini sangat mengganggu para penderitanya.

Rasa sakit yang dialami bisa sangat mengganggu kegiatan sehari-hari mereka. Untuk menyembuhkannya secara total memang sedikit lebih sulit, butuh waktu dan kesabaran dalam menghadapinya, namun jika anda melakukan pengobatan dengan benar niscaya penyakit maag yang anda derita bisa sembuh.

Gejala Penyakit Maag

Gejala yang ditimbulkan biasanya berupa rasa nyeri yang berpusat pada ulu hati atau tepatnya berada di bawah tulang rusuk, gejala ini merupakan gejala yang khas dan palling banyak ditemukan pada diri para pasien. Rasa nyeri tersebut muncul beberapa jam setelah makan, dan akan bertambah parah jika perut dalam keadaan kosong. Meski pun banyak gejala lain yang ditimbulkan oleh maag, namun gejala yang kami sebutkan di atas adalah gejala utama dari salah satu gangguan pada organ pencernaan.

Penyebab Penyakit Maag

Di bawah ini adalah hal-hal yang disinyalir oleh ahli medis menjadi pemicu munculnya penyakit maag

  • Stress, ketika seseorang mengalami stress maka dengan sendirinya tubuh memproduksi zat asam dalam jumlah yang tidak terkontrol. Jumlah asam pada lambung yang berlebihan dapat memicu berbagai macam gangguan pada perut, selain itu kadar asam dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sakit kepala atau migrain.
  • Mengkonsumsi makanan bersifat asam, memakan makanan atau buah yang asam secara berlebihan dapat memperburuk kesehatan pencernaan anda.

[sumber:http://dinkes.sumbarprov.go.id/berita-145-gejala-dan-penyebab-penyakit-maag.html]
[gambar:gerry-tk.blogspot.com]

Loading...

Reply