no comments

Penyebab Pusing Setelah makan

Penyebab Pusing Setelah makan
Penyebab Pusing Setelah makan

Apakah Anda pernah atau sering merasakan pusing setelah makan? Mungkin Anda mengalami Postprandial Hypotension yaitu tekanan darah yang tiba-tiba rendah setelah makan. Hal ini terjadi pada sepertiga wanita dan pria di dunia.

Apa yang terjadi dalam tubuh saat kita makan?

Ketika kita makan, di dalam tubuh kita terjadi interaksi kerja antara berbagai sistem termasuk di antaranya adalah sistem pencernaan, sistem persarafan dan sistem peredaran darah (jantung dan pembuluh darah). Pada saat terjadi proses pencernaan, aliran darah difokuskan pada daerah lambung dan usus kecil. Agar mekanisme ini tidak mengganggu aliran darah ke otak, kaki dan bagian tubuh lainnya, jantung akan berdetak lebih cepat dan pembuluh darah di daerah saluran pencernaan akan mengecil.

pusing makan setelah Pada beberapa orang, mekanisme ini tidak berjalan dengan baik sehingga tekanan darah menjadi rendah di bagian lain tubuh kecuali sistem pencernaan. Hal ini dapat menimbulkan keluhan:

  • Pusing
  • Gangguan penglihatan
  • Mual
  • Pingsan
  • Nyeri dada

Dan bahkan pada kondisi yang cukup berat dapat menyebabkan terjadinya stroke kecil. Beberapa cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan:

  1. Minum sekitar 350-500 mL air sebelum makan.
  2. Makan dalam jumlah sedikit-sedikit dan tidak terlalu banyak.
  3. Makan makanan berserat lebih banyak.
  4. Berbaring atau duduk 30-60 menit setelah makan dapat mengurangi keluhan.

Jika keluhan-keluhan setelah makan tidak berkurang maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lengkap lebih lanjut sehingga dapat diketahui apakah ada penyebab lain yang menyebabkan keluhan Anda.

Sumber artikel dan gambar:
http://klikdokter.com/healthnewstopics/read/2014/02/15/15032082/pusing-abis-makan-ini-sebabnya

Loading...

Reply