no comments

Pola dan Cara Pembersihan Kulit Wajah

Pola dan Cara pembersihan kulit wajah. Krim diambil dengan spatel lalu diletakkan pada punggung tangan kiri atau pada piring kecil, aplikasikan kosmetik pembersih pada wajah secara merata pada bagian pipi kiri dan kanan, dahi, hidung, dagu dan leher. Oleskan dengan rata dan teliti mulai dari dagu ke samping kiri, kanan dan ke atas. Pengaplikasian pembersih pada wajah dan leher dengan gerakan mengusap dan melingkar (effleurage dan rotatie) dengan ujung jari secara halus, pada bagian leher gerakan dari tengah ke samping dan dari atas ke bawah. Arah gerakan pengolesan yaitu ke atas, dengan maksud agar kulit tidak tertarik ke bawah yang dapat menyebabkan kulit wajah cepat mengendur serta agar pori-pori kulit terbuka sehingga kotoran akan mudah dibersihkan.

Teknik dan arah pengolesan pembersih pada wajah dan leher :

Pola dan Cara Pembersihan Kulit Wajah

Krim atau susu pembersih biasanya cepat mengering, oleh karena itu gunakan dalam jumlah yang cukup banyak dan bila sudah dioleskan secara merata, segera angkat dengan menggunakan kapas atau tissue yang lembab, kemudian dilap dengan air hangat. Bila pengangkatan susu atau krim pembersih menggunakan tissue, tissue dilipat dengan rapih dan sebaiknya dipegang dengan dijepit di antara jari tengah dan jari manis serta telunjuk kemudian krim diangkat secara perlahan mengikuti arah serabut otot.

Pembersihan kulit di sekitar mata dan bibir

Memerlukan pembersih khusus, hal ini disebabkan karena kulit di daerah tersebut sangat tipis dan sensitif. Setelah pembersihan, kulit wajah dibersihkan lagi dengan air hangat menggunakan spons khusus
atau waslap, kemudian wajah dikeringkan. Secara umum teknik membersihkan wajah untuk semua jenis kulit sama, yang berbeda kosmetik yang digunakan. Membersihkan wajah dapat dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :

  1. Pembersihan pendahuluan, mencakup tindakan membersihkan alis, mata dan bibir dengan kosmetik eye make-up remover.
  2. Membersihkan wajah dan leher dengan menggunakan cleanser (krim, gel, lotion) sesuai dengan jenis kulit wajah.

Sumber:

Herni Kusantati, dkk. 2008. Tata Kecantikan Kulit untuk SMK Jilid 2. Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

[bse.kemdikbud.go.id]

Loading...

Reply