no comments

Quick Disaster, Aplikasi Google Glass Besutan Mahasiswa UGM

Quick Disaster, Aplikasi Google Glass Besutan Mahasiswa UGM

Tim riset mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil membesut satu aplikasi Google Glass. Aplikasi khusus untuk wearable device tersebut bernama Quick Disaster. Diciptakan sebagai penyedia informasi tahapan solusi antisipasi dampak bencana.

Quick Disaster diklaim sebagai aplikasi pertama made in Indonesia yang dibenamkan ke Google Glass. Satu alasan mengapa menanam Quick Disaster ke Google Glass, sebab lebih cepat dan ringkas dibanding ke perangkat mobile.

Kita berpikir suatu saat perangkat digital ini akan melekat pada tubuh manusia seperti halnya teknologi jam pintar atau gelang pintar,” tulis Daniel dalam satu keretangan email yang dinukil dari Detik.

Dalam membesut Quick Disaster, Daniel bersama timnya yang terdiri dari Zamsyari, Bahrunur, Sabrina Anggraini, serta Maulana Rizki. Setidaknya ada sembilan jenis bencana yang dihadirkan tahapan solusinya melalui aplikasi ini.

Mulai erupsi gunung berapi, tanah longsor, topan tornado, gempa bumi, hujan abu vulkanik, banjir, kebakaran, hingga tsunami. Quick Disaster saat ini masih dalam tahap pengembangan dan riset.

Rencananya, Quick Disaster akan segera disempurnakan dengan penambahan sejumlah fitur serta bakal dipresentasikan di beberapa konferensi internasional di Eropa dan Amerika Serikat.

Aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengantisipasi bencana saat kejadian bencana berlangsung, tambah anggota tim lainnya, Sabrina Anggraini.

(sumber:sidomi.com)

Loading...

Reply