no comments

Seni Bagian dari Kebudayaan

Seni Bagian dari Kebudayaan – Berbicara tentang seni, pikiran kita akan mengarah pada suatu pengertian bahwa seni adalah kebudayaan, dan kebudayaan merupakan kata lain dari kesenian. Pemahaman seperti itu meski bukan suatu kesalahan yang fatal namun perlu diluruskan.

Foto :Seni RUpa/komunitaspekerjaseni.blogspot.com.

Foto :Seni Rpa/komunitaspekerjaseni.blogspot.com.

Menurut ilmu antropologi, kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka hidup bermasyarakat yang dijadikan milik diri dengan belajar.

Untuk dapat memahami konsep tentang kebudayaan, kita harus menguraikan unsur-unsur yang terkandung dalam setiap kebudayaan. Unsur-unsur kebudayaan yang dimaksud adalah unsur-unsur kebudayaan yang bersifat universal. Artinya unsur-unsur tersebut pasti dapat dijumpai dalam setiap kebudayaan pada berbagai suku bangsa di dunia.
Adapun unsur-unsur kebudayaan tersebut mencakup:

  1. sistem religi dan upacara keagamaan,
  2. sistem dan organisasi kemasyarakatan,
  3. sistem pengetahuan,
  4. bahasa,
  5. kesenian,
  6. sistem mata pencaharian hidup, dan
  7. sistem teknologi dan peralatan.

Berdasarkan uraian mengenai unsur-unsur kebudayaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa seni merupakan salah satu bagian dari kebudayaan. Berkaitan dengan seni sebagai salah satu unsur kebudayaan, secara khusus Koentjaraningrat menegaskan bahwa pengertian kesenian adalah segala ekspresi hasrat manusia akan keindahan.

Dalam suatu kebudayaan, kesenian senantiasa berkaitan dengan hal-hal yang menyangkut masalah keindahan. Dalam etnografi, deskripsi mengenai kesenian diwujudkan dengan memaparkan benda-benda hasil seni terutama dalam bentuk seni patung, seni memperhatikan tentang bentuk, teknik pembuatan, motif perhiasan, serta gaya dari benda-benda kesenian tersebut.

Sumber: Indriyawati, Emmy. 2009. Antropologi 2 : Untuk Kelas XII SMA dan MA. Jakarta :Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Loading...