no comments

Status Kewarganegaraan Apatride dan Bipatride

Status Kewarganegaraan Apatride dan Bipatride – Penentuan kewarganegaraan yang berbeda-beda oleh setiap negara dapat menciptakan problem status kewarganegaraan bagi seorang warga. Problem status kewarganegaraan dibedakan menjadi dua, yaitu apatride dan bipatride.

metode-kewarganegaraan-ganda-rev1

  1. Apatride adalah istilah untuk orang-orang yang tidak mempunyai status kewarganegaraan.
  2. Bipatride adalah istilah untuk orang-orang yang memiliki status kewarganegaraan rangkap (dua).

Bahkan, dapat muncul multipatride, yaitu istilah untuk orang-orang yang memiliki kewarganegaraan banyak (lebih dari dua). Status kewarganegaraan, baik apatride atau bipatride akan menimbulkan masalah dalam suatu negara. Orang yang apatride akan mempersulit orang tersebut menjadi penduduk negara karena dianggap sebagai orang asing yang hak dan kewajibannya terbatas dibanding warga negara atau penduduk. Orang yang bipatride dapat mengacaukan data kependudukan dari dua negara. Orang yang bipatride juga dapat memanfaatkan hak dan kewajibannya sebagai warga negara di dua negara yang berbeda.

Sumber
Dwi Cahyati A.W dan Warsito Adnan. 2011. Pelajaran Kewarganegaraan 1 untuk kelas X SMA, MA, dan SMK. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional

Loading...