no comments

Tanda Tubuh yang Kekurangan Vitamin

Tanda Tubuh yang Kekurangan Vitamin

Tanda Tubuh yang Kekurangan Vitamin. Tubuh Anda itu cerdas lho. Ia bisa bilang apabila tubuh membutuhkan nutrisi tertentu. Saat membutuhkan vitamin, ada saja ulah tubuh untuk memberitahukan Anda bahwa Anda harus makan makanan tertentu yang mengandung vitamin tersebut.

Anda hanya perlu lebih sensitif dan mendengarkan apa yang dibutuhkan tubuh Anda.

Dr Susan Blum, pendiri the Blum Center for Health dan penulis buku The Immune System Recovery Plan mengatakan, seperti dikutip dari details.com, bahwa Anda mungkin tidak akan sakit saat tubuh kekurangan vitamin. Namun yang jelas metabolisme tubuh serta kemampuan tubuh dalam mengendalikan lima indera akan berkurang. Vitamin sendiri sebenarnya berfungsi untuk menyediakan makanan bagi tubuh agar piawai melakukan tugasnya masing-masing.

Inilah tanda-tanda tubuh bila kekurangan vitamin:

Sudut bibir pecah-pecah
Tidak hanya kekurangan vitamin C saja apabila bibir Anda pecah-pecah. Apalagi jika itu ada di bagian sudut bibir, artinya Anda kekurangan zat besi, zinc, dan aneka vitamin B.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa makan: salmon, tuna, telur, tiram, udang, kerang, tomat, kacang-kacangan, brokoli, cabai merah, jeruk, apel, dan lain sebagainya.

Rambut rotok dan kemerahan pada kulit
Artinya Anda kekurangan Biotin atau vitamin B7, selain itu tubuh Anda juga kekurangan vitamin A, D, E dan K.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa makan: telur rebus, salmon, alpukat, jamur, bunga kol, kedelai, kacang-kacangan, pisang atau buah berry-berryan.

Kemerahan atau putih seperti jerawat, tumbuh di mana saja
Artinya tubuh Anda kekurangan vitamin A dan D.

Mengatasinya Anda harus makan makanan yang kaya lemak sehat. Anda bisa mendapatkannya pada salmon, sarden, kacang-kacangan, serta mengonsumsi sayuran hijau.

Rasa gatal dan kesemutan
Artinya Anda kekurangan folat, vitamin B6 dan B12. Biasanya Anda juga akan mudah gugup, sulit tidur, anemia, hormon tidak seimbang dan mudah stres.

Yang harus Anda makan saat mengalami hal ini adalah bayam, asparagus, bit, kacang-kacangan, telur, cumi-cumi, kerang, dan lain sebagainya.

Kram di kaki
Artinya tubuh kekurangan kalsium, magnesium dan potassium.

Anda disarankan untuk makan kacang almond, pisang, hazelnut, labu, cherry-cherryan, apel, jeruk, brokoli, bok choy, dan sayuran hijau lainnya.

Kenali baik-baik dan dengarkan tubuh Anda bilang apa, mari menjaga kebugaran tubuh sejak dini.

[sumber:http://www.vemale.com/kesehatan/30998-5-tanda-tubuh-kekurangan-vitamin.html]

Loading...

Reply