no comments

Teknik Meluruskan Rambut dengan Rebonding basic

Teknik Meluruskan Rambut dengan Rebonding basic

Lintasjari.com – Teknik dasar meluruskan rambut dengan hasil lurus lebih lama, lembut, berkilau dan sehat alami. Teknik merubah rambut dari bentuk rambut keriting menjadi lurus, merupakan teknik yang dasar yang harus dikuasai seorang hairdresser. Teknik yang benar harus didukung dengan penentuan jenis produk dan analisa jenis rambut yang tepat.

Rebonding basic, merupakan teknik yang mudah dikuasai. Detail teknik yang akan diuraikan pada lembar berikutnya ini sangat mudah diikuti. Dengan latihan yang intensif, maka teknik ini akan menjadi andalan para hairdresser disalon.

Adapun langkah-langkah kerja dari rebonding basic adalah sebagai berikut:
1) Analisa
Analisa jenis rambut untuk menentukan produk apa yang akan dipakai. Setelah rambut dianalisa, diskusikan dengan pelanggan model yang sesuai dengan bentuk wajahnya dan perlihatkan beberapa contoh, sehingga pelanggan dapat memilih model yang sesuai
dengan keinginannya.

2) Mencuci rambut
Bila telah selesai rambut dianalisa, selanjutnya lakukan pencucian rambut.tujuannya adalah agar proses pelurusan rambut dapat berhasil dengan maksimal. Cuci rambut dengan Professional Shampoo, dengan suhu stabil tanpa conditioner. Supaya kutikula rambut terbuka untuk memudahkan/mempercepat peresapan cream pelurusan maka harus disampo terlebih dahulu. Jadi sebelum melakukan pelurusan rambut, pastikan rambut sudah dalam keadaan bersih.

3) Perlindungan
Keringkan rambut dahulu lalu semprotkan Anti Frizz Spray untuk meningkatkan elastisitas dan mengembalikan kelembaban rambut. Agar memperoleh hasil akhir yang lebih lurus, keringkan dengan hair dryer (sampai 70% kering), jangan melakukan blow tarik dan jangan disisir.

4) Pengolesan cream

  • Bagi rambut jadi 4 bagian lalu jepit.
  • Oleskan cream step 1 pada 3 titik dirambut, (1. Pangkal dengan jarak 1 cm dari kulit kepala, 2. Tengah, 3. Ujung) selapis demiselapis. Ratakan cream dengan menggunakan sisir. Pastikan tidak ada cream yang menumpuk.
  • Jangan melakukan penarikan atau penekanan karena akan melukai permukaan rambut dan  menyebabkan rambut bercabang. Penekanan akan menyebabkan pori-pori rambut tertutup dan memperlambat penyerapan cream ke dalam batang rambut.

5) Peresapan awal
Diamkan agar cream step 1 meresap. Untuk mengetahui apakah rambut telah relaks, ambillah sebagian rambut, tarik perlahan dan bila rambut yang ditarik tidak balik kembali, berarti cream step 1 meresap dengan baik ke dalam batang rambut. Selanjutnya lakukan tahapan smoothing. Jangan mulai smoothing bila cream step 1 belum meresap sempurna karena akan membuat rambut menjadi luka dan kehilangan elastisitas.

6) Smoothing
Gunakan teknik jepit (press) dengan jari tengah dan telunjuk secara perlahan. Lakukan maksimum 3 kali. Pengangkatan lapisan rambut pada saat smoothing diusahakan supaya 0° kearah bawah, agar tidak terjadi lekukan. Perhatikan ketebalan pengambilan rambut agar tidak lebih dari 1 cm, supaya rambut bisa lurus merata.

7) Peresapan akhir
Diamkan < 5 menit, untuk peresapan akhir dan penetapan hasil pelurusan. Kemudian bilas dengan air hangat, tanpa shampo, tanpa conditioner. Keringkan dengan handuk. Pastikan tidak ada sisa cream step 1 yang masih tertinggal dirambut.

8) Pengeringan
Setelah bilas, keringkan dengan hair dryer sampai 50% kering. Jangan melakukan blow tarik dan jangan menggunakan sisir, cukup rapikan dengan jari. Dalam tahap ini rambut akan sedikit mengembang dan terlihat belum lurus setelah dikeringkan, jangan khawatir karena jika dilanjutkan ke step selanjutnya, rambut menjadi lurus sempurna.

9) Dicatok
Semprotkan Hair Recovery Spray sebelum dicatok, untuk melindungi rambut dari panas alat catok, memudahkan pencatokan dan rambut menjadi lebih berkilau. Perhatikan ketebalan pengambilan rambut tidak lebih dari 1 cm supaya panas dari alat catok bisa merata dan rambut lurus lebih rata. Pastikan ujung-ujung rambut dicatok dan didiamkan beberapa saat, agar ujung-ujung rambut lurus.

10) Dinginkan
Diamkan 5-10 menit untuk mendinginkan rambut yang telah dicatok.

11) Neutralizing
Oleskan cream step 2 pada rambut selapis demi selapis. Diamkan 15-20 menit. Mengandung vitamin yang dapat memberikan cooling effec pada rambut yang kepanasan setelah dicatok.

12) Pembilasan
Bilas dengan Deep Conditioner. Pijat perlahan selama 1-2 menit, lalu bilas hingga bersih. Keringkan dan rambut siap di style. Untuk keramas selanjutnya tunggu 3-4 hari sejak proses pelurusan dan gunakan User After Rebonding Shampoo dan After Rebonding Conditioner.

Sumber Rujukan: 
Rostamailis, dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut Jilid 3 untuk SMK. Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional 
[image:cintahatisb.blogspot.com]

Loading...

Reply