no comments

Tips Agar Kuku Tetap Kuat

Tips Agar Kuku Tetap Kuat

Kuku sehat dan cantik juga menjadi salah satu penampilan yang memberikan nilai plus bagi wanita. Perawatannya sebenarnya tidak sulit, bahkan sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah tanpa harus ke salon.

Pertama-tama tentunya Anda harus mendapatkan kuku yang kuat terlebih dahulu. Kuku yang kuat akan menjadi bekal bagi kuku cantik dan mudah dibentuk.

Sayangnya justru ini yang menjadi masalah utama bagi kebanyakan wanita. Seringkali wanita mengaku bahwa kukunya lemah, mudah patah, serta warnanya kekuningan. Nah, bila kuku Anda demikian, maka itu menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin dan mineral atau ada serangan jamur.

Agar kukumu tumbuh kuat lakukan beberapa hal ini

Batasi aplikasi berbahan kimia

Jika Anda doyan mengecat kuku serta gonta ganti warna cat kuku, maka kali ini Anda harus rela menghapusnya dan berpuasa sejenak. Berikan waktu bagi kuku untuk istirahat dan beregenerasi tanpa terganggu.

Bersihkan kutikulanya, sisa cat kukunya, serta rendam dengan air hangat.

Digunting, jangan digigit
Kebiasaan buruk wanita adalah menggigiti kuku. Apabila memang dia terluka, maka pakai gunting kuku dan kikir untuk merapikannya kembali. Jangan biasakan menggigit kuku sehingga ia tetap menjadi kuku yang sehat dan kuat.

Gunakan sarung tangan
Saat melakukan pekerjaan rumah biasa seperti mengepel, mencuci piring, menyikat kamar mandi, gunakan sarung tangan khusus yang akan melindungi dari paparan bahan kimia berbahaya. Mungkin terdengar sepele, namun bahan kimia tersebut bisa membuat kulit maupun kuku menjadi kering dan kehilangan kelembabannya. Alhasil, kuku jadi mudah patah dan kering.

Gunakan pelembab
Tak hanya tangan, kaki, wajah dan tubuh saja yang butuh pelembab. Kuku juga bagian tubuh yang butuh dilembabkan. Dan apabila kelembaban tersebut tidak diperoleh dari nutrisi dan vitamin secara maksimal, maka Anda bisa memperolehnya dari tambahan aplikasi pelembab. Pilih body lotion kaya akan vitamin E, atau gunakan juga minyak zaitun untuk membantu melembabkan kuku.

Jangan terlalu panjang
Kontrol panjang kuku Anda. Apabila terlalu panjang umumnya memang mudah patah. Sehingga Anda harus dengan rutin memangkas kuku serta membentuknya agar tidak mudah patah dan cantik.

Perawatan mingguan
Lakukan pedicure dan manicure sendiri untuk menjaga kebersihan kuku Anda. Lakukan saja di rumah dengan menggunakan bantuan air hangat yang diberi minyak zaitun, untuk membersihkan kutikula serta merendam kuku.

Kabarnya, bawang putih juga bisa membantu memutihkan serta memperkuat kuku. Caranya adalah dengan menusuk-nusukkan kuku pada bawang putih dan membiarkannya selama beberapa menit. Agar aromanya tidak mengganggu, cuci tangan dengan sabun hingga bersih ya.
[sumber:http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/30971-agar-kuku-tetap-kuat-ini-tipsnya.html]

Loading...

Reply