no comments

Tips Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tips Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidur merupakan salah satu kebutuhan fisiologis yang memberikan dampak baik pada jiwa dan raga. Sayangnya, banyak orang jaman sekarang yang memotong waktu tidurnya karena kesibukan atau tidak bisa tidur dengan baik.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan menyehatkan Anda keesokan harinya. Cobalah beberapa cara berikut agar tidur Anda lebih berkualitas.

Membatasi Aktivitas Gadget Dan Elektronik

Gadget dan elektronik membuat Anda tak benar-benar menyiapkan diri untuk tidur. Hentikan aktivitas dengan benda-benda semacam ini sekitar 30 menit menjelang tidur agar tubuh Anda rileks dan mencegah insomnia.

Selalu Jadwalkan Kegiatan Anda

Buat to do-list yang bisa membantu Anda memetakan kesibukan Anda, namun juga waktu tidur Anda. Hal seperti ini bisa membantu Anda tidak kedodoran dalam masalah waktu. Setelah membuat jadwal, pastikan Anda juga konsisten dan disiplin pada apa yang Anda kerjakan.

Penggunaan Alarm

Alarm memang membantu kita bangun tepat waktu, namun ketika tubuh kita sudah punya body clock sendiri karena kebiasaan, tubuh bisa bangun dan tidur tepat waktu dengan sendirinya.

Gunakan alarm untuk membantu tubuh menemukan jam bangun dan tidur yang ideal atau hanya pada saat Anda butuh bangun lebih awal. Penggunaan alarm dalam tempo yang terlalu sering akan membuat tidur kurang nyenyak.

Tinggalkan Pikiran Berat

Tidur digunakan untuk memulihkan kondisi tubuh dari berbagai macam kepenatan, lelah dan stres. Jangan bawa pikiran berat menjelang Anda tidur. Biasakan untuk merilekskan diri sebelum tidur. Misalnya dengan peregangan otot-otot, massage wajah dan sebagainya.

Olah Raga

Sebuah olah raga yang tepat bisa membantu Anda tidur pulas. Olah raga tidak hanya melatih tubuh Anda, namun juga melancarkan metabolisme sehingga tubuh lebih mudah beristirahat pada malam hari.

Smoothies Atau Jus

Selain banyak minum air putih, hindari minuman seperti kopi, teh dan susu. Pilih smoothies atau jus sebagai minuman harian Anda. Konsumsi minuman seperti ini tanpa pemanis, membantu tubuh meregenerasi sel saat sedang tidur. Minumlah pada pagi atau sore hari agar bisa mendapatkan tidur nyenyak di malam harinya.

Kamar dan Tempat Tidur Bersih Teratur

Bersihkan kamar dan tempat tidur Anda. Suasana yang bersih dan nyaman bisa membuat Anda tidur dengan lebih baik. Usahakan tidak banyak barang yang ada di kasur selain bantal dan keperluan tidur lainnya. Matikan lampu saat tidur karena lebih membuat Anda sehat saat bangun tidur.

Bila Anda ingin bangun lebih segar, cobalah beberapa cara ini. Semoga istirahat Anda lebih tercukupi.

[sumber:http://www.vemale.com/body-and-mind/segar-dan-rileks/34532-7-cara-membuat-tidur-lebih-nyenyak.html]

Loading...

Reply