no comments

Tips Memilih Mata Kuliah Dengan Tepat

tips-memilih-mata-kuliah

SETIAP awal semester, mahasiswa harus memilih mata kuliah. Tetapi terkadang, mahasiswa kesulitan menyusul jadwal kuliah karena berbagai hal yang harus dipertimbangkan, termasuk persyaratan nilai IPK.

Dasar pertimbangan memilih jadwal kuliah sendiri berbeda-beda bagi setiap mahasiswa. Sebagai gambaran, berikut ini beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih mata kuliah, seperti dinukil dari Campus Grotto, Senin(12/1/2015).

Seimbang

Seimbangkan pilihan mata kuliah yang sulit dan mudah. Dengan begitu, kita pun bisa mempertahankan nilai IPK cukup baik karena tidak kesusahan dalam belajar.

Selain itu, pertimbangkan juga ukuran kelas dalam belajar. Ambillah beberapa kelas besar, begitu juga kelas kecil dengan sedikit mahasiswa. Kelas yang lebih kecil biasanya membuat mahasiswa lebih terikat dan terlibat dalam kegiatan perkuliahan.

Mata kuliah wajib

Pastikan menyelesaikan semua mata kuliah wajib yang disyaratkan kampus. Beberapa mata kuliah hanya diajarkan di semester tertentu, jadi jangan sampai terlewat.

Perlu diingat, biasanya mata kuliah wajib dan umum akan diajarkan di kelas besar dengan ratusan mahasiswa. Dan godaan untuk membolos atau malas-malasan akan sangat besar di mata kuliah seperti ini.

Mata kuliah pilihan

Ambil mata kuliah yang menarik minat dan akan berguna untuk pendidikan dan rencana karier Anda. Selain itu, jika memungkinkan, ambil juga mata kuliah di luar jurusan yang menarik minat Anda. Pilihan ini akan memberi ruang “refreshing” dari rutinitas pendidikan sehari-hari sekaligus memberi kesempatan Anda mempelajari hal-bal baru. Keuntungan lain, Anda bisa memiliki banyak teman baru dari berbagai jurusan.

Jangan memilih mata kuliah karena Anda ingin memberi kesan baik kepada seseorang atau untuk memenuhi permintaan orang lain. Anda harus memilih mata kuliah karena memang menyukai bidang tersebut.

Dosen

Pertimbangkan juga dosen pengajar di setiap mata kuliah pilihan Anda. Setiap kampus pasti memiliki dosen favorit dan dosen killer yang dihindari mahasiswa. Cari tahu informasi tentang dosen dan kebiasaannya mengajar ini kepada senior-senior di kampus. Anda bisa juga mencoba belajar di beberapa kelas untuk mengetahui langsung cara mengajar dosen tersebut.

Kombinasi

Buatlah jadwal kuliah dengan mengombinasikan beberapa bidang agar tidak bosan. Kombinasikan juga mata kuliah teori dengan praktik.

Belum memilih jurusan

Jika Anda belum memilih jurusan kuliah, ambil beberapa mata kuliah perkenalan untuk melihat apakah Anda menyukai jurusan tersebut atau tidak.

Berhati-hati

Pilihlah mata kuliah dengan sangat hati-hati. Baca silabus perkuliahan yang diberikan kampus dan lihat daftar dosen yang akan mengajar semester ini. Kemudian, daftarkan pilihan Anda secepat mungkin agar tidak kehabisan kuota.

Penasihat akademis

Jika masih bingung, maka Anda bisa juga meminta saran dari penasihat akademis atau dosen wali. Mereka bisa memandu Anda memilih mata kuliah dan menyelesaikan studi tepat waktu.

Lokasi

Selain ukuran kelas, lokasi kelas juga bisa menjadi pertimbangan saat memilih mata kuliah. Jangan sampai Anda memilih mata kuliah dengan jadwal mepet dan jarak kelas berjauhan.

Waktu

Jika tidak bisa bangun pagi, maka jangan ambil kelas kuliah pagi hari. Begitu juga sebaliknya. Jika Anda lebih segar kuliah di pagi hari, maka manfaatkan waktu sore hari untuk beraktivitas tambahan di luar kuliah.

Teman

Mengambil mata kuliah yang sama dengan teman juga akan menyenangkan. Tetapi, jangan sampai mengambil mata kuliah tertentu karena ikut-ikutan teman.(okezone.com)

Loading...