no comments

UN SMP Digelar Serentak 9-12 Mei untuk Menghindari Kebocoran Soal

UN SMP Digelar Serentak 9-12 Mei untuk Menghindari Kebocoran Soal – Ujian Nasional (UN) SMP/MTS baik berbasis komputer maupun kertas dan pensil akan dilaksanakan serentak pada Senin, 9 Mei mendatang. Ini berbeda dengan UN SMA/MA dan SMK yang dilakukan tidak serentak.

UN SMP Digelar Serentak 9-12 Mei untuk Menghindari Kebocoran Soal

“UN SMP baik berbasis komputer (UNBK) maupun berbasis kertas dan pensil (UNKP) mulai tahun ini kami laksanakan serentak. Ini untuk menghindari kebocoran soal,” kata Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kemendikbud Nizam kepada JPNN, Jumat (6/5).

Sesuai jadwal, UN SMP/sederajat akan dilaksanakan pada 9-12 Mei 2016. ‎Berbagai persiapan menurut Nizam, sudah dilakukan termasuk sosialisasi pelaksanaan UN serentak.

Baca : Cara Mencegah Kebocoran Soal Saat Ujian

Dia menyebutkan, saat pelaksanaan UN SMA/sederajat pada 4-6 April, ada beberapa laporan tentang penggandaan soal‎ UNKP. Materi UNKP dipakai untuk peserta UNBK.

“Meski tidak semuanya sama, namun ada laporan peserta UNBK mengambil jawaban dari peserta UNKP yang lebih dulu mengikuti ujian. Mereka mengaku ada kesamaan soal dan jawaban,” terangnya.

Atas dasar itulah, Kemendikbud mengubah skema pelaksanaan UN SMP, di mana UNKP dan UNBK dilakukan serentak sehingga tidak ada lagi yang membocorkan soal.

Sumber : JPNN.COM

Loading...